8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (2024)

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan

By Nurma Arum | 06 Nov 2023 Viewers: 743

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (1)

Salah satu hal paling utama yang harus dilakukan saat akan menggelar pernikahan adalah menentukan tema. Pasalnya, jika sudah melakukan hal yang satu ini, kita bisa menentukan hal lain dalam satu garis besar yang serupa. Salah satu faktor yang bisa digunakan untuk menentukan tema ini adalah di mana acara pernikahan akan digelar. Ada yang menggelar pernikahan di luar ruangan atau di dalam ruangan.

Selama ini pilihan tema untuk menggelar pernikahan di luar ruangan mungkin dianggap lebih banyak. Namun, ternyata ada juga berbagai tema yang bisa digelar di dalam ruangan atau indoor, lo. Jadi, salah apabila kamu menganggap bahwa pernikahan di dalam ruangan cenderung membosankan.

Beberapa tema ini bisa diterapkan jika ingin menggelar pernikahan di dalam ruangan. Simak yuk, apa saja!

1. Rustic Chic

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (2)

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (3)

Pernikahan indoor dengan tema rustic chic menjadi salah satu yang sering dijumpai. Tema ini menggabungkan antara tema rustic yang memiliki kesan dekat dengan alam dan tema chic yang memberikan sentuhan elegan.

Untuk menciptakan kesan autentik, pernikahan bisa digelar di lokasi yang sesuai, seperti di villa, restoran, ataupun di gedung yang didekorasi. Meskipun digelar di dalam ruangan, elemen alam seperti kayu, batu, dan berbagai tanaman bisa ditambahkan.

Untuk meningkatkan suasana rustic yang magis, cahaya lembut yang romantis dari lampu gantung atau lampu lentera bisa ditambahkan. sem*ntara itu, untuk kesan elegan, kain satin atau sutra dan hiasan dari kristal atau kaca juga bisa ditambahkan.

2. Royal Elegance

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (4)

Jika kamu menginginkan menggelar pernikahan yang mewah, berkelas, dan anggun, pernikahan dengan tema ini akan coco*k untuk dipilih. Lokasi yang dipilih bisa bangunan dalam bentuk kastil yang mewah atau ballroom hotel yang didekorasi layaknya sebuah istana.

Kesan mewah bak kerajaan juga bisa didapatkan melalui pemilihan warna. Warna yang menyiratkan kemewahan adalah emas, merah, biru tua, ungu, atau hijau tua sehingga bisa dipilih sebagai palet warna utama.

Setelah itu, kamu bisa membuat dekorasi venue acara yang sarat akan kesan mewah. Elemen dekoratif utama yang akan menambahkan kesan ini adalah lampu gantung kristal yang bisa digantung di atap venue pernikahan. Selain itu, pemilihan kursi dan meja yang berlapis warna emas atau perak dengan meja yang diselimuti taplak dari bahan satin akan meningkatkan tema ini.

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (5)

Jangan lupa untuk menyesuaikan juga elemen yang lain, mulai dari pemilihan musik klasik yang elegan hingga detail makanan dan minuman yang harus disesuaikan dengan tema pernikahan. Gaun pernikahan yang mewah juga tidak boleh ketinggalan.

3. Vintage Glam

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (6)

Apakah kamu ingin membuat pernikahan vintage-mu lebih naik kelas? Pemilihan tema pernikahan vintage glam akan mengakomodasi keinginan ini. Menggabungkan konsep dari berbagai hal yang memiliki kesan klasik dengan sesuatu yang lebih modern dan memiliki kesan mahal akan membuat pernikahan indoor-mu lebih berkesan.

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (7)

Hal yang bisa digunakan untuk menekankan tema vintage adalah benda-benda kuno, misalnya seperti vas antik, lampu berbentuk lilin, cermin tua, dan berbagai perabotan antik lainnya. sem*ntara itu, sisi glamor bisa ditambahkan dengan memilih chandelier atau lampu gantung sebagai elemen dekoratif yang akan menciptakan lighting mewah.

Elemen lain yang berkilauan untuk menambah kesan glamor bisa ditambahkan dalam bentuk gaun pengantin lengkap dengan aksesori hingga suvenir yang diberikan pada para tamu yang datang.

4. Enchanted Forest

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (8)

Bukan hanya bisa digelar di luar ruangan, tema enchanted forest bisa juga didatangkan ke dalam ruangan. Tema ini akan menunjukkan hutan yang penuh dengan keindahan alam layaknya suasana di negeri dongeng.

Bagaimana cara mendatangkan hutan ke dalam ruangan?

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (9)

Kamu bisa menghias ruangan dengan unsur-unsur alam, seperti membuat beberapa pohon buatan, menambahkan beberapa elemen kayu lengkap dengan lumut. Tentunya elemen bunga tidak boleh ketinggalan, tapi kamu bisa memilih bunga dengan warna-warna yang lebih elegan seperti putih untuk membuat suasana tetap memukau.

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (10)

Detail lain seperti gaun pengantin juga bisa disesuaikan, misalnya dengan membuat gaun yang memiliki detail dedaunan. Tambahan mahkota dari bunga-bunga alami juga akan melengkapi konsep pernikahan yang satu ini.

5. Bohemian Bliss

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (11)

Pernikahan dengan tema bohemian bliss juga bisa digelar di dalam ruangan, lo. Untuk membuat nuansanya semakin nyata, kamu bisa menggunakan ruangan yang memiliki kaca besar di sekeliling dengan pemandangan indah, seperti menghadap pantai.

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (12)

Pilih warna-warna bumi untuk diaplikasikan, misalnya seperti co*kelat, hijau, krem, atau putih. Hias meja dengan taplak yang berwarna putih dengan hiasan vas dengan bunga liar di atasnya. Tambahkan juga lilin-lilin dan kerajinan etnik.

Kamu bisa membagi ruangan ke dalam beberapa bagian, termasuk zona chill out yang berisi bantal-bantal besar, kursi pantai, hingga tenda kecil yang juga berfungsi sebagai elemen dekoratif di mana tamu bisa duduk bersantai.

6. Masquerade Ball

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (13)

Pesta pernikahan yang penuh dengan misteri ini bisa digelar di malam hari. Untuk membangun nuansa masquerade yang misterius, kamu bisa memulainya dari undangan. Berikan undangan lengkap dengan topeng untuk dibawa ke acara pernikahan. Selain itu, topeng juga bisa dibagikan di pintu masuk.

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (14)

Dekorasi pernikahan juga harus disesuaikan untuk membangun kesan yang misterius. Gunakan elemen-elemen seperti bunga dengan warna merah atau hitam. Gunakan juga kain sutra atau satin dengan warna mewah layaknya merah, ungu, atau hitam untuk taplak meja maupun hiasan dinding.

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (15)

Sempurnakan tema ini dengan pakaian yang mewah dan dramatis dengan aksen renda, hiasan berkilauan, dan detail topeng yang mewah. Makanan dan minuman dengan menu internasional serta kelas atas juga bisa menyempurnakan acara.

7. Arabian Nights

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (16)

Tema pernikahan Arabian nights terinspirasi dari cerita 1001 malam. Pernikahan ini identik dengan suasana misteri, keajaiban, dan kemewahan. Palet warna yang dipilih bisa disesuaikan dengan warna yang identik dengan nuansa Timur Tengah, seperti biru laut, ungu tua, merah anggur, dan emas.

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (17)

Lampu gantung mewah bisa menjadi elemen dekorasi utama pada pernikahan dengan tema ini. Hiasan dinding Arabesque akan menambah kesan yang semakin kental. sem*ntara itu, detail lain dari keramik juga bisa digunakan sebagai hiasan untuk meja.

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (18)

Hal lain yang bisa membangun mood yang coco*k adalah pertunjukan dan musik. Kamu bisa menambahkan musik yang mencerminkan budaya Timur Tengah. Makanan yang disajikan sebaiknya juga disesuaikan. Kebab, falafel, baklava, dan makanan yang sudah coco*k dengan lidah orang Indonesia bisa disajikan.

8. Garden Paradise

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (19)

Sesuai dengan namanya, garden paradise merupakan tema pernikahan yang mengangkat konsep taman yang cantik. Konsep ini bisa dimulai dari pintu gerbang saat tamu akan masuk. Pintu bisa dihias dengan bunga-bunga dan tanaman yang rimbun.

Palet warna dari dekorasi pernikahan ini terdiri dari warna-warna cerah, seperti hijau, kuning, biru, dan merah muda. Warna ini tentu saja bisa diaplikasikan dari pemilihan warna bunga yang akan banyak mengisi area pernikahan.

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (20)

Lampu hias yang biasanya ditemui di taman-taman juga bisa ditaruh di area venue pernikahan. Selain berfungsi sebagai hiasan, lampu ini juga akan menghasilkan cahaya yang lembut dan romantis.

Jangan lupa untuk menyesuaikan pakaian juga yang bisa ditambahkan dengan aksen bunga atau renda. Untungnya, untuk pernikahan ini, pengantin bisa mengenakan pakaian yang lebih sederhana dan anggun. sem*ntara itu, hiasan rambut dalam bentuk bunga-bunga kecil bisa ditambahkan.

Beberapa tema pernikahan indoor tersebut bisa dipilih sesuai dengan preferensi. Selain itu, meskipun pernikahan digelar secara indoor, masih ada banyak lagi turunan venue pernikahan yang bisa dipilih untuk pernikahan dalam ruangan ini, mulai dari restoran hingga ballroom hotel yang lebih luas. Kamu juga bisa memilih dan menyesuaikannya dengan tema.

8 Inspirasi Tema Wedding Indoor untuk Pernikahan yang Tak Terlupakan • Wedding Market Artikel (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Frankie Dare

Last Updated:

Views: 5475

Rating: 4.2 / 5 (53 voted)

Reviews: 92% of readers found this page helpful

Author information

Name: Frankie Dare

Birthday: 2000-01-27

Address: Suite 313 45115 Caridad Freeway, Port Barabaraville, MS 66713

Phone: +3769542039359

Job: Sales Manager

Hobby: Baton twirling, Stand-up comedy, Leather crafting, Rugby, tabletop games, Jigsaw puzzles, Air sports

Introduction: My name is Frankie Dare, I am a funny, beautiful, proud, fair, pleasant, cheerful, enthusiastic person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.